Rabu, 25 Januari 2012

injeksi


Smk sedang menjadi sorotan media masa saat ini pasalnya mobil esemka akan digunakan walikota untuk kendaraan dinas, ini berarti kualitas smk di indonesia tidak diragukan lagi untuk menciptakan teknologi otomotif. Terlepas dari pro dan kontra tentang mobil nasional yang dibuat anak smk, saya sangat terharu dengan peningkatan kualitas anak bangsa ini setidaknya smk sekarang tidak dipandang sebelah mata.
Sejauh mana anak smk khususnya smk otomotif mengenal teknologi terkini seperti teknologi injeksi ? ini menjadi ketertarikan saya saat ini jika mereka tak mengenal hal tersebut maka ada sesuatu yang diragukan. Mengenai hal ini, saya coba buat survei melalui facebook kepada anak yang saya didik dimana mereka adalah anak stm otomotif sedangkan saya sendiri pengajar adaftif. Dan ini beberapa pendapat mereka tentang teknologi injeksi.
Siswa A
suatu program elektronik yang mampu menyuplai campuran bahan bakar plus udara kedalam ruang bakar sesuai kebutuhan mesin.sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna,irit, ramah lingkungan.
ECU (engine control module) “otak” yg mengatur semua komponen pgm-fi (programed
fuel injection)
Kelebihan: irit,ramah lingkungan, mudah hdup, getaran+suara mesin lbih halus,lebih responsif,tenaga ok, ga prlu service b ckup ganti oli + stel klep jka prlu,dll
Kekurangan: belum bisa memakai alarm anti maling krna dpt merusak sensor-sensor pgm~fi.
pgm~fi, slain sbagai pngganti karburator juga di lengkapi dengan sensor-sensor .seperti: BAS~bank angel sensor, yang berfungsi jika sepeda motor jatuh/kecelakaan maka motor akan mati secara otomatis sehingga mengurangi resiko kbakaran or ledakan. EOT,engine oil temperatur.fungsi mendeteksi tingkat suhu pada mesin.dll
siswa B
Injeksi adalah sebuah teknologi digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Penggunaan injeksi akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator Dan injeksi juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat
kelebihan:
 
lebih irit,lebih responsif,mesin lebih halus,dan tidak perlu memanaskan mesin telebih dahulu
 
kekurangan:
 
diharuskan mengunakan pertamax karena premium masih memiliki sedikit timbal yang dapat merusak atau menyumbat lubang-lubang yang sangat kecil pada injeksi
Siswa C
Injeksi yang pasti ramah lingkungan… karena pembakaran terbakar dengan sempurna… karena yang menjadi polusi teh sisa pembakaran yang terbuang tidak sempurna.. kelebihan nya teknologi nya yg sudah d atur oleh sistim komputer jadi tunap nya gampang tinggal reset sama seting ulang sesuai anjuran pabrik yg udah ada pada scaner.. jadi mau nyari trouble nya juga gampangg..klep meleset dikit aja 0,001 mm aja udah kebaca. tapi kerugian kalo sistim kelistrikan nya ada yg ga bener ngerambat ke yg lain. bahkan ke mesin juga kadang susah hidup.. apa lagi relay nya eror 1 aja ngefek nya ke mesin tidak akan nyala
jadi inti nya mah sistim injeksi mah sangat tergantung pada sistim kelistrikan nya.. karna untuk melakukan segala nya ibarat nya otak nya membtuh kan aliran listrik…dan yg paling penting mah bahan bakar yg di gunakan kalo bisa mah pertamax plus.. yg minim akan timbal supaya mesin akan awet dan tidak ada penyumbatan pada sistim karburator dan menggangu sistem pembakaran.
Jadi disini intinya siswa stm otomotif berbicara tentang tenaga injeksi dari apa itu tenanga injeksi lalu otaknya seperti apa serta cara kerjanya dan kelebihan serta kelemahannya. Setidaknya mereka sangat tahu banyak tentang teknologi masa kini khusus tenaga injeksi dan mereka sangat menyambut baik tentang teknologi ini.
Kalau saya boleh berpendapat tentang teknologi ini, saya sangat menyukainya dalam hal ramah terhadapa lingkungan karena sudah waktunya manusia dalam membuat suatu teknologi yang ramah lingkungan karena dunia sudah terlalu tua untuk mendapatkan teknologi yang senantiasa membuat polusi, satu hal lagi irit bahan bakar setidaknya banyak orang yang akan melirik teknologi ini karena bisa menghemat pembelian bbm, tapi sayangnya harus pertamax karena memiliki sedikit timbal sedang pertamax harganya 2 kali lipat premium, tapi setidaknya berharap one day ada kebijakan baru tentang harga pertamax tersebut. Jadi tak ada salahnya semua produsen motor mulai melirik teknologi ini dan siswa smk pun bisa menciptakan kendaraan dengan teknologi injeksi yang ramah terhadap lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar